Paus Biru

Paus biru adalah binatang terbesar yang pernah ada .... bahkan lebih besar daripada dinosaurus terbesar. Beberapa telah sepanjang 33 meter (110 kaki), tetapi sebagian besar berada di kisaran 24-27 meter. Paus biru dapat menimbang sampai dengan 110 ton (120 ton). Mereka memiliki harapan hidup 35-40 tahun. Paus biru-abu-abu kebiruan warna, dan bawah mereka sedikit lebih ringan.


Paus biru adalah paus balin, yang berarti bahwa mereka memakan organisme kecil yang mereka menyaring dari air, menggunakan piring besar balin sisir-seperti di bagian belakang tenggorokan mereka. Kulit tenggorokan memiliki banyak alur yang berkembang sebagai paus teguk air ke dalam mulutnya. Setelah air dan makanan telah tersedot dalam, paus mendorong air keluar melalui lempeng balin, yang mungkin satu meter panjangnya - yang terpanjang dari setiap paus balin.

Paus biru memakan organisme kecil yang disebut krill. Krill adalah udang kecil yang hidup di sekolah-sekolah besar di hampir setiap lautan dunia ... mereka adalah salah satu jenis makanan yang paling banyak (kecuali serangga) di bumi. The balin di tenggorokan paus menyaring krill oleh ribuan. ikan kecil dan plankton juga tertangkap oleh balin tersebut. Mungkin diperlukan sebanyak 3.500 kg krill dan ikan kecil sehari untuk menjaga paus Blue sehat.


Paus biru hidup di hampir setiap laut, meskipun jumlah mereka terbatas. Berburu mengantar mereka hampir punah, dan jumlah mereka masih rendah, terutama di Samudra Atlantik Utara. Sebagian besar tinggal di belahan bumi selatan, tetapi juga dapat dilihat di lepas pantai California, di Teluk California di Meksiko, di Teluk St Lawrence di Kanada, dan juga di daerah utara Samudera Hindia.

Paus biru adalah perenang cepat, mampu mencapai kecepatan 30 km / jam jika dikejar. Paus adalah mamalia, dan harus permukaan untuk bernapas, tetapi mereka dapat menahan nafas waktu yang lama ... penyelaman dapat berlangsung hingga 20 menit. Paus biru juga membuat terdengar sangat keras. Frekuensi-rendah suara yang mereka buat ketika mereka berkomunikasi satu sama lain telah dicatat sekeras 188 desibel, dan dapat didengar sejauh 800 km. (Sebagai perbandingan, pesawat jet komersial melepas membuat suara 120 db). Pelajari lebih lanjut tentang suara, dan mendengar ikan paus biru di sini.

Gaya apung air di lingkungan laut ikan paus adalah salah satu alasan bahwa hal itu dapat tumbuh begitu besar. Daripada mengandalkan hanya pada kerangka untuk mendukung berat, daya apung air laut di sekitarnya mendukung jaringan tubuh paus. Jika paus Biru itu harus dikeluarkan dari laut, akan hancur sampai mati oleh beratnya sendiri.


Paket paus Killer telah dikenal untuk menyerang dan membunuh paus biru muda, tapi pemangsa utama paus Biru telah manusia. Paus biru diburu hampir punah, sampai Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional menyatakan mereka untuk menjadi spesies yang dilindungi pada tahun 1966, karena penurunan besar dalam populasi mereka. Paus Biru terdiri sekitar 90 persen dari total tangkapan industri penangkapan ikan paus selama bagian awal abad kedua puluh, dalam tahun 1931, lebih dari 30.000 tewas, untuk menangis mereka, daging, tulang, dan minyak tubuh. Hari ini diyakini bahwa sekitar 11.000 masih ada.

Belum ada Komentar untuk "Paus Biru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel